Kenali POTENSI diri | MotiFunny
Pasang Iklan
Desaigned by MotiFunny

Senin, 19 November 2012



Beberapa waktu yang lalu saya mendapat panggilan untuk menjadi pembicara disebuah acara pesantren kilat. Disana saya bukan untuk mengisi materi berbau keagamaan ( karena jujur, pengetahuan agama saya masih belum bisa dipertanggung jawabkan ), melainkan mengisi materi mengenai pengembangan diri. Panitia menyediakan space waktu bagi saya untuk mengisi materi itu sebanyak satu setengah jam.

Saat itu saya berkata,"Tahukah Kalian kalau  KALIAN ITU HEBAT..!!! Allah memberikan kalian POTENSI BESAR UNTUK SUKSES..!! Sebutkan impian kalian dengan lantang!" Saya berkata seperti itu. Tujuannya satu ; memancing alam bawah sadar mereka untuk merespon MIMPI menjadi action.

"Dokter..!! Penulis..!! Programmer..!! Pengusaha Mebel..!! Penyanyi..!! Musisi..!!" Disela-sela itu, ada satu statement yang membuat saya tercengang. Ada seorang paruh baya yang dengan lantang berkata,"Menjadi orang terkenal.." Saya tersenyum dan menghentikan semuanya. Lalu saya menghampiri pemuda itu dan menepuk pundaknya. Pemuda itu terheran dan setengah memaksakan untuk tersenyum.

"Orang terkenal seperti apa yang kamu inginkan?" Saya balik bertanya. Kini semua pandangan tertuju pada satu orang.

"Apa saja, yang penting terkenal dan memberi dampak bagi lingkungan." Pemuda itu dengan yakin.

Saudaraku yang budiman, jawaban pemuda itu tidak salah, hanya kurang tepat bagi kita yang sudah dewasa, atau bahkan sudah tua ( hehehe ). Mungkin kalau dulu kita masih kecil, kita menjawab ingin menjadi anak shaleh, menjadi orang yang lebih baik, bikin mamah seneng, papah bangga itu hal biasa. Bahkan tidak jarang pula anak kecil yang sudah berani dengan lantang mengatakan bahwa kalau sudah besar nanti mereka ingin menjadi seorang Polisi, Dokter, Masinis, ABRI, Pilot dan profesi lainnya. Lalu bagaimana dengan kita yang sudah dewasa atau sudah besar? Apa masih mau kalah dengan anak kecil, yang lagi-lagi kalau ditanya tentang impian masih berkata yang umum-umum saja. Menjadi orang yang berguna, menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi orang terkenal? Seharusnya KITA MALU kalau masih menjawab seperti itu.

Sahabatku yang mudah-mudahan masih dalam semangat yang luar biasa menggapai impian, yakinilah bahwa Tuhan sudah memberikan nikmat berupa POTENSI yang sangat luar biasa bagi kita dalam menggapai impian. Hanya saja tinggal kitanya saja yang apakah mau atau tidak mengejar impian kita itu dengan POTENSI yang kita miliki. Terlalu sayang dan mubazir kalau semua POTENSI yang kita miliki digunakan dan hanya di-SUGESTIKAN untuk hal-hal yang umum saja. Menjadi orang yang terkenal? Semua juga ingin seperti itu. Tapi terkenal yang seperti apa? Teman-teman harus ingat, banyak cara untuk menjadi orang yang terkenal. Teman-teman berlari telanjang bulat dijalan raya Bundaran Hotel Indonesia saya jamin teman-teman akan jadi orang yang terkenal. Teman-teman nyetir mobil lalu dengan sengaja menabrak lima belas pejalan kaki juga saya yakin teman-teman akan jadi orang yang terkenal (karena berhasil mengalahkan kasus yang sudah-sudah,hehehe). Alangkah hebatnya bila teman-teman terkenal sebagai seorang pembuat program AntiVirus komputer, terkenal sebagai juara robotic tingkat nasional bahkan dunia, pemenang olimpiade Matematika tingkat dunia, menjadi penulis terkenal yang bukunya sudah ditranslate di hampir 20 negara di dunia, atau terkenal sebagai seorang penyanyi yang sudah berulang kali Go International. Teman-teman pilih sendiri, menjadi orang terkenal yang pertama atau yang kedua. Mulailah untuk berpikir visioner dan spesifik dalam merebut impian.

Dewasa ini memang masih banyak orang yang belum mengenali potensi dirinya, apa yang kira-kira menjadi potensi terbesar, yang nantinya bisa dikembangkan seiring berjalannya waktu. Masih banyak yang ragu, ingin menjadi orang yang seperti apakah kedepannya dan pada akhirnya TERPAKSA menjawab,"Biarkan hidup ini mengalir apa adanya, toh rejeki udah ada yang ngatur." Ya kalao diaturnya baik, ya kalau nggak, gimana? Baru deh nyesel. Inget loh, kalau rejeki memang Tuhan yang mengatur, tapi Tuhan mengatur sesuai dengan batas usaha yang telah kita lakukan karena Tuhan Maha Adil dan Bijaksana. Kan tidak mungkin orang yang kerjaannya tiap hari hanya makan tidur,makan tidur, mandi, BAB, kencing, terus dapet uang 10 Milyar tiap bulan rutin. Sementara yang kerja keras sampe badan pada rontok boro-boro 10 Milyar, dapet 10 ribu juga alhamdulillah.

Tuhan Maha pemberi Balasan yang setimpal. Dia tahu, harus kepada siapa rejeki-Nya dititipi. Sudah saatnya kita menentukan Impian kita, mau jadi seperti apa kita nanti. Menentukkan sumber rejeki kita kelak. Tapi gimana caranya, susah tau? Punya banyak kepandaian, jadi susah nentuin mau jadi apa, hmm. Itu yang sering jadi dilemma.

Nah, saya ada Tips yang mudah-mudahan jitu untuk kita sama-sama terapkan :

1. Kenalan Dulu Dong, hehehe
Ya, kenalan dulu. Bukan kenalan sama saya atau sama tetangga, tapi kenalan dulu sama diri Kita, POTENSI apa yang Kita miliki. Apa Kita seorang yang mencintai membaca dan menulis, apakah Kita seorang pecinta program-program komputer, apakah kita seorang pecinta musik dan menyanyi. Kenali dulu potensi Kita. Lalu bagaimana cara mengetahuinya? Mudah saja. Kita cukup mengetahuinya dari :
a. Kegiatan apa yang selama ini Kita hampir selalu lakukan? Kalau setiap hari yang Kita lakukan adalah menulis, kemungkinan besar bakat Kita adalah menulis, dan lain sebagainya.
b. Kegiatan apa yang selalu kita RINDUKAN setiap kali kita TIDAK melakukannya? Kalau saya selalu kangen setiap kali saya tidak menulis sehari saja. hehehehe, bagaimana dengan teman-teman?
c. Siapa tokoh yang Kita kagumi dan setiap kali Kita melihatnya kita selalu ingin melihatnya? Kalau saya sih selalu kagum dengan Mas Andrea Hirata dan Mbak Winna Effendi, tak Jarang Mas Rangga Umara. 

2. Mulai kembangkan
Nah, setelah kenalan, saatnya Kita untuk mengembangkannya nih teman-teman. Kita mulai melakukan hal-hal yang pasti untuk mengembangkan POTENSI yang udah kita kenal. Ya kayak kalau yang suka otak-atik program mulai berlatih program, baca buku tentang program, kalau yang menulis dan membaca ya sering-sering baca dan berlatih menulis. Nggak perlu banyak-banyak, minimal satu halaman satu hari dan lima lembar bacaan untuk dibaca, itu udah cukup kok, yang jelas harus KONSISTEN, tidak labil, sehari baca, sehari males, atau bahkan baru satu minggu kemudian nulis dan baca. Semua harus KONSISTEN.

3. Mulai KEPO
Nah, kalau kita mau sukses dengan MIMPI kita, kita juga harus KEPO. Tapi tunggu, KEPO disini harus yang positif loh. KEPO disini juga, kita cari tahu apa aja sih yang dulu dilakuin tokoh yang kita kagumi itu. Kalau saya kan demen tuh sama Mbak Winna. Dia itu selalu ada jadwal menulisnya dimalam hari, tepatnya abis makan malam, ditemenin Hot Coklat, saya mulai ikutan deh, tapi ya nggak pake Hot Coklat, paling teh anget manis,heheheh. Temen-temen juga harus cari tahu kebiasaan tokoh yang temen-temen kagumi dan coba diadopsi ke kehidupan temen-temen. Tapi awas, bukan PLAGIAT ya. Di KEPO sini, temen-temen harus pake jurus ATM ( Amati, Tiru, dan MODIFIKASI ) jadi harus tetep ada embel-embel MODIFIKASInya biar nggak jadi plagiat, okeh. 

Selain KEPO, temen-temen juga bisa memasang foto tokoh favorit temen-temen. Yang suka sama Albert Eisntein, boleh lah Googling fotonya terus diprint dan ditempel deh dikamar. Cari tempat yang memiliki sudut pandang yang pas dengan pandangan Kita saat bangun tidur karena itu akan membangkitkan semangat kita.

HEY, KALIAN ITU BERHARGA Looohh!!! Jangan sia-siakan segala potensi yang ada di diri kita. kembangkan sebaik mungkin. Tak perlu dimulai dari hal besar, mulailah dari hal kecil terlebih dahulu karena hal-hal besar selalu dimulai dari hal kecil dan mulailah BERMIMPI yang BESAR dan tentunya yang spesifik.

Regards,



Ditulis Oleh : Unknown Copyright MotiFunny

Artikel Kenali POTENSI diri ini diposting oleh Unknown pada hari Senin, 19 November 2012. Terima kasih atas kunjungan teman-teman di Blog MotiFunny ini. Semoga artikel ini memiliki kebermanfaatan bagi sesama. Kritik dan saran bisa teman-teman haturkan melalui kotak komentar yang telah disediakan. Terima Kasih. Salam Blogger dari MotiFunny.

:: Get this widget ! ::


Daripada Copy-Paste, Mending DOWNLOAD disini
  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo

0 komentar:

Posting Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. ^,^
Terima Kasih Atas Kunjungannya di Blog Ini, Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya

animasi bergerak gif
 
motif-funny.blogspot.com © 2012 All Right Reserved | Privacy Policy | About Us
Home | Daftar Isi | Motivasi | Torasi | Renungan | Firasi | Rebuk | Petik | Lectures
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda. Segera Kembali Lagi Bila Ingin Mendapatkan Info Menarik Lainnya